Operasai itu… #3 Akhirnya Harus Kutinggalkan

Akhirnya setelah dua minggu full meneman ibu setelah di operasi aku mesti balik lagi ke Palembang untuk mburuh. Sejak melakukan kontrol harian untuk ganti tampon di Dr. Kuryati kondisi ibu tiap hari ada perkembangan, meskipun luka bedah bagian bawah masih bisa dibilang belum pulih karena dalamnya +/- 2 cm jadi tetep mesti rutin check up.

Biar pemulihannya cepat ibu diminta latihan berjalan, karena tak punya tongkat dalam bentuk apapun akhirnya aku buatkan tongkat dari batang kayu lamtoro yang kebetulan tergeletak di bawah pohon didepan rumah *matur nuwun Gusti* Aku sisik kulit luarnya sampai kambiumnya hilang, ranting-rantingnya aku sisik dengan sabit hingga halus lalu aku bakar di kompor supaya serabutnya hilang dan lebih ringan karena kering. Sudah itu aku sesuaikan ukurannya dan salah satu ujung yang ditanah dibalut kain lalu diikat agar tidak licin. Akhirnya ibu punya tongkat 😀 dan bisa latihan jalan-jalan. Untuk urusan ke kamar mandi juga sekarang bisa sendiri dan hari ini aku telpon sudah bisa digonceng motor untuk pergi ke dokter, sementara tongkat mulai ditinggalkan. Oh ya, minggu lalu dokter sudah membuka dua jahitan jadi masih tersisa 6 jahitan dan 2 lubang besar yang hanya bisa menunggu dagingnya untuk tumbuh. Kabar baikpun tadi diberitakan ibu, bahwa dalam minggu-minggu ini mungkin dokter juga akan membuka jahitannya lagi. Puji Tuhaan…..

Untuk mempercepat tumbuhnya jaringan dokter menyarankan suntik vit. C seminggu sekali dan karena keterbatasan biaya untuk membeli obat singsei ibu menggantinya dengan mengkonsumsi daun piahong untuk lalapan. Dipercaya daun ini cukup ampuh untuk mengeringkan luka setelah operasi, karena rasanya yang ga enak jadi ibu cuman mau makan sedikit saja dan itupun cuman sehari sekali, ga papa deh.

Tak lupa juga aku meninggalkan catatan menu sampai bulan Juni kepada tetangga yang aku pasrahi untuk memasakan makanan ibu. Konsumsi putih telur sangat dianjurkan jadi tiap hari menu telur atau putih telur. Tak lupa catatan penting tentang komposisi makanannya, gula, garam dikurangi meskipun kadar gula darah ibu normal namun tekanan darah 150/80 menurut dokter masih lumayan tinggi. Penggunaan penyedap rasa bolehlah dikit, tapi tidak boleh ditambah micin. Cabe sama sekali tak boleh, merica dikit aja, ikan dan kacang-kacangan juga jadi pantangan *ini berdasarkan obat singsei yang dikonsumsi*

Tiap hari hanya bisa memantau lewat telpon dan dari suara ibu sepertinya ibu membaik keadaannya meski sempat telpon saudara angkat pake nangis-nangis karena merasa sendirian setelah aku pergi *sangat bisa dimaklumi* Sementara aku sendiri merasa sisa tahun ini akan terasa sangat panjang karena cuti sudah habis, artinya natal tidak bisa pulang, meskipun dirumah hanya aku sendirian yang natalan sementara yang lain pada lebaran xixixi. Semoga… kondisi ibu bisa cepet membaik dan aku berharap, tampon bisa diganti dua hari sekali agar biaya tidak terlalu besar.

 

Matur nuwun Gusti untuk kebaikanmu…

Untuk kesitaanMu menemaniku dalam cobaan ini…

 

About ulillala

keep learning, writing, traveling, cooking and being me
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Operasai itu… #3 Akhirnya Harus Kutinggalkan

  1. tinsyam says:

    setidaknya natalan ada temennya banyak di RR kan la.. semoga ibu segera pulih beneran biar dikau ga banyak pikiran..

  2. Julie Utami says:

    Insya Allah doa-doa kita didengar Tuhan ya jeng Lala. Ibu begitu sabar menghadapi sakitnya dan ikhlasnya ditinggal ke Sumatera itulah yang akan dihargai Allah lalu diganjar dengan kesembuhan. Saya doakan ya jeng. Jangan lupa tiap hari ngecek kondisi ibu ke tetangga terdekat yang dipasrahi, biar jeng Lala tenang, ibu pun senang. 🙂

    Salam hangat!

  3. ibuseno says:

    Mudah2an ibu cepat pulih dan terurus dengan baik ya Mbak..

    • ulillala says:

      amin… mudah2an bu
      barusan telpon katanya luka mulai membaik
      nanah sudah tak ada lagi tinggal darah saja
      dan ibupun sudah bisa bikin camilan sendiri
      *dalam rangka melemaskan otot* 😀

  4. novianadewi says:

    Semoga cepat pulih ibunya, Mbak….

  5. Julie Utami says:

    Apa kabar ibu malam ini?

    • ulillala says:

      Alhamdulillah bun ada perkembangan yang baik.

      barusan aku telpon, katanya nanah sudah tidak ada di lukanya tinggal darah saja dan rasa sakit sedikit berkurang, bahkan ibu suduh mulai latihan beraktifitas seperti memasak. Ya bukan masak yang berat cuman bikin camilan aja, bikin bakwan atau goreng kentang.

      besuk kamis akan suntik vit. c kedua dan aku ingin tau apakah ibu sudah mulai bisa ganti tampon dua hari sekali bukan tiap hari.

      gimana bunda sendiri? mudah2an juga ada perkembangan yang baik.

      wah matur nuwun bun, sudah bertanya 😀

      • Julie Utami says:

        Oh ya ikut senang, puji Tuhan. Jane aku ya melu nangis mikiri ibune njenengan ditinggal ngono iku. Saya makin membaik, kemungkinan kemonya sekali lagi aja, nggak jadi dua kali lagi, terus dioperasi dulu baru dilanjutkan kemo yang setahun. Mudah-mudahan setelah itu sehat selamanya. Terima kasih juga atas perhatiannya.

      • ulillala says:

        ya ampun bun, malah nambahi pikirane bunda Julie niki…
        moga2 sebelum puasa ibu sudah sehat biar lebaran bisa berkunjung ke makam mbah.

        aku nderek bingah bun, kabare bunda Julie makin membaik
        kemo ga jadi 2x syukur alhamdulillah… tinggal nunggu oprasi, ya doa saya semoga operasi berjalan lancar…

  6. Thanks for letting me camp out in your blog for a little while today. I had a great time and tried to leave my campsite as good as when I arrived. I’ll be back in a couple of weeks!

Leave a Reply

